Populasi Sidat Bicolour Di Pulau Jawa

Bookmark and Share
Sidat Kita

Sidat Kita
Khusus untuk perkembangan sidat jenis bicolour memang kebanyakan populasinya ada di sekitar pantai selatan pulau jawa, membentang dari ujung kulon hingga banyuwangi. Nah termasuk didaerah ini terdapat rawa-rawa, sungai, anak sungai, dan juga persawahan. untuk jenis Anguilla bicolor adalah spesies ikan sidat yang dominan di pulau jawa. Habitat dari ikan sidat di Indonesia banyak ditemukan di pantai, estuaria, sungai-sungai yang mengarah ke samudera, pematang sawah, dan danau.

Distribusi ikan sidat di Indonesia, dilihat dari tempat ditemukannya pada sungai-sungai, bahkan pematang sawah, dan danau, yang terhubung dengan Samudera (atau laut dalam), maka sebarannya ada di selatan dan barat pulau Sumatera, selatan pulau Jawa, Bali dan selatan tataran Sunda yang berhadapan dengan Samudera Indonesia.  Juga di wilayah pantai timur kalimantan, utara dan timur laut Sulawesi yang berhadapan dengan samudera Fasifik.

Di pulau jawa Sidat ditemukan di daerah kabupaten, dan kotamadya:
- Pelabuhan Ratu: Cimaja, Citepus, Cihaur.
- Serang : Cibanten.
- Cilacap : Laguna Segara Anakan
- Tasikmalaya : Citanduy, Ciwulan.
- Ciamis : Citanduy.
- Pagelaran : Cijampang.
- Garut : Cikaengan, Cisanggiri, Cibeluk, Cilaki, Cilaju, Cirancong, Cikandung.
- Banjarnegara : Sungai Serayu dan anak sungainya.
- Joyakarta : Kali Progo, Kali Opak dan Oja.
- Kaloran : Kali Progo, dan Kali Tinggal.
- Pacitan : Kali Grindu dan anak sungainya. Kali Lorok dan Sukoredjo.
- Temanggung : Kali Progo.
- Banyuwangi 

Adakah didaerah anda ikan sidat jenis bicolour ini yang makin lama makin langka dan makin banyak peminatnya ini. Jika ada silakan hubungi admin blog ini di 081327667137 (Budhy), agar kami bisa update daftarnya dan biar temen-temen yang lain bisa melihat potensinya. Terima kasih.
By. Sidat kita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...