Prinsip Dasar Budidaya Sidat

Bookmark and Share
Sidat Kita

Sidat Kita
Kehidupan sidat sungguh unik dan menggelitik karena kita bekerja walaupun tidak secara langsung akan menempuh tiga tahap sekaligus yang tentunya mau tidak mau harus belajar dulu, Memang bergelut dgn makhluk hidup itu sedikit aneh .. kita dipaksa menjadi multiuser, multitasking multi-multi  lainnya. 

A. Terutama darimana, bagaimana dan jaminan ketersediaan  kita mendapatkan benih, bibit, stadia muda. (Baik alami maupun buatan).

B. Proses pembesaran dari stadia muda dewasa menuju konsumsi ( SDM, jenis Pakan, Perawatan , sarana dst dst).

C. Pemasaran (Pembayaran, pengepakan, pengiriman dst dst)

Sekedar gambaran saja benih/bibit Sidat menurut dunia persilatan masih melimpah ruah, sekarang bagaimana kita bisa memberikan pencerahan para nelayan untuk mempertahankan kehidupan JungeSidat/Glasseels, elver,fingerling dari lokasi penangkapan ->tempat pengumpulan ( sebelum diambil pembeli/bukan eksportir glasseels).

Benih/bibit Kepiting bakau sdh sangat memprihatikan; sampai thn 80 an Indonesia msh berada dalam 10 besar  exportir kepitng. Sekarang ?????  boro2 50 besar, karena populasi kepiting bakau kita sdh memprihatinkan.  Selayang pandang menurunnya populasi karena rusaknya hutan bakau (krn tambak udang), diburunya kepiting telur, yang paling parah daging benih kepiting (30-60gr) dimanfaatkan sebagai  bahan campuran daging rajungan untuk memenuhi permintaan pembeli. 

Balai yg di Krawang atau balai1 lainnya mulai dengan mengembangkan pembenihan buatan utk Kepiting bakau. Menggalang penanaman hutan mangrove. Terus terang saja dibandingkan sidat jauh lebih menguntungkan “maaf saya tidak ingin jadi provokator, hanya koq sayang tambak2 sepanjang pantura tidur lelap setelah rusaknya udang”. Utk kebutuhan Jakarta produksi2 soka yg ada saja tidak bisa terpenuhi, masa panen yg jauh lebih singkat, tahan penyakit dst dst. 

Ini hanya untuk gambaran saja, bila keberatan dengan postingan dan pendapat ini silakan coment dibawah in, terima kasih dan semoga bermanfaat.
By. Sidat Kita


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...