Cara Menangkap Sidat Glass Eel

Bookmark and Share
Sidat Kita

Sidat Kita
Glass eel adalah sebutan untuk anak sidat yang bentuk fisiknya atau badannya masih tembus pandang seperti gelas, biasanya untuk ukuran ini isi perkilogramnya bisa diatas 3000 ekor. Disamping harganya yang relative mahal, Permintaan untuk sidatukuran glass eel ini sangat tinggi. Karena sidat tidak bisa dipijahkan secara manual maka pencarian sidat glass eel marak dilakukan oleh nelayan, terutama saat musim sidat tiba.

Menjelang waktu magrib para nelayan berangkat menuju muara untuk mencari glass eel baik dengan menggunakan perahu mesin maupun dengn perahu dayung, Peralatan untuk menangkap sidat jenis glass eel dapat dibilang sederhana, yaitu dengan menggunakan sirib/seser atau saringan dengan berlokasi dibibir muara. Ketika air pasang datang maka sirib/seser atau saringan langsung dimasukan ke air untuk menangkap sidat glass eel, dengan sedikit keahlian dan tahan kedinginan para nelayan melakukan denga cara seperti ini.

Dalam semalam ketika beruntung nelayan dapat mendapat sampai dengan 5 ons sidat glass eel, satu ons glass eel dihargai sekitar Rp.30 ribu oleh para pengepul dan kemudian pengepul menjulnya dengan harga Rp.40-50 ribu/ons kepada para pembudidaya, harga untuk sidat glass eel sangat fluktuatif tergantung stok.

Glass eel kemudian dibudidayakan sampai dengan ukuran konsumsi dalam kondisi air tawar, di Indonesia kegiatan budidaya sidat masih belum begitu populer, lain lagi dengan Jepang, china dan Taiwan yang sudah begitu populer untuk membudidayakan sidat. Sebagai contoh di Taiwan pembesaran dari ukuran glass eel sampai dengan ukuran konsumsi membutuhkan waktu sekitar 6-8 bulan.
By. Sidat Kita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...