Kenapa Sidat Tidak Mau Makan ?

Bookmark and Share
Sidat Kita

Sidat Kita
Sering sekali kasus sidat tidak mau makan ditemukan dan ini yang membuat para pembudidaya pusing tujuh keliling, biasanya kasus ini banyak dikeluhkan oleh pembudidaya yang baru terjun. Penyebab sidat tidak mau makan bisa karena stress, kadar PH terlalu tinggi/Rendah, pindah kolam, habis tamasya atau bepergian jauh dan lain sebagainya. Jangan menyerah dulu disini akan diberikan tips agar sidat yang tadinya ogah-ogahan makan menjadi lahap makan. Seringkali ini terjadi pada sidat ukuran fingerling/50gram up.

Kasus sidat tidak mau makan bukan hanya masalah dimakanan saja tetapi ada juga penyebab lainnya antara lain : suhu air, Kadar Ph air, kadar oksigen dalam air, intensitas cahaya matahari dan lain sebagainya. Itu juga harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum masuk ke pemberian pakan sidat.

Setelah sidat masuk ke kolam barunya, Puasakan dulu sidatnya 2-3 hari, Buatlah pakan pasta jangan banyak-banyak, campurkan pelet dengan cacing tanah ditambahkan tepung singkong/tapioca sedikit- kira kira10% dari adonan - aduk adonan pasta sampai kalis seperti orang membuat roti tawa kalau baunya kurang amis bisa tambahkan minyak ikan. karena ususnya sidat pendek jangan diberi pakan yang keras.

Pergunakan wadah yang berlubang banyak - bisa plastik buat tempat sayur/buah - letakkan pakan diatasnya sedikit saja. Kalau sidat tidak mau makan biarkan saja sampai lapar dan sisa pakan yang tidak dimakan bisa disimpan di freezer. Jangan memberikan pakan kebanyakan lebih baik sesudah habis baru ditambah lagi. Perhatikan juga sirkulasi airnya apakah di filter dengan beberapa chamber yang diisi beberapa macam filter atau bio ball, Kalau kotor kuras saja dan ganti dengan air yang baru.

Mungkin itu sedikit tips yang bisa disampaikan dan semoga bermanfaat buat para sidaters mania.
By. Sidat Kita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...