Suhu Dan PH Ideal Untuk Sidat

Bookmark and Share
Sidat Kita

Sidat Kita
Setelah belajar kesana dan kemari untuk merguru budidaya sidat akhirnya ketemu juga dengan suhu Aphin Prayitno di Taiwan, walau ketemunya cuma via facebook atau Ym tapi itu sudah sangat lumayan menambah ilmu dan pengalaman saya, kebetulan suhu Aphin tetangga desa dengan saya jadi lebih enak ngobrolnya dengan bahasa lokal.

Nah kemarin beliau share untuk masalah tempertur atau suhu ideal kolam sidat, berdasarkan pengalaman disana ternyata sidat bisa bertahan dengan suhu ekstrim sangat dingin yaitu 80C atau suhu panas sampai dengan 320C, tetapi ada juga temperature yang ideal untuk sidat agar sidat bisa makan banyak/lahap dan tidak menganggu kesehatannya.

  • Temperatur air kolam 80C – 120C dikisaran suhu ini sidat tidak mau makan karena suhunya terlalu ekstrim untuk tubuh sidat.
  • Tempertur air kolam 130C – 170C dikisaran suhu ini sidat sudah mulai makan tapi Cuma sedikit dan tidak lahap sama sekali.
  • Temperatur air kolam 180C – 270C Dikisaran suhu inilah yang ideal untuk membesarkan sidat karena dishu ini ikan sidat akan makan sangat lahap dan tidak akan menganggu kesehatannya.
  • Temperatur air kolam 280C – 320C dikisaran suhu ini sebenarnya ikan sidat masih lahap makan tetapi beresiko terhadap kesehatan sidat dan biasanya pasti akan ada sidat yang mati.
Disamping masalah temperature atau  suhu air kolam ternyata tingkat keasaman (PH) kolam juga amat sangat berpengaruh bagi kesehatan sidat, berdasarkan pengalaman beliau di Taiwan untuk PH yang ideal untuk sidat berkisar antara 6,5 – 7,5.
By, Sidat Kita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...