Perbedaan Jenis Sidat Marmorata Dan Sidat Bicolor

Bookmark and Share
Sidat Kita
Kadang kita sering mendengar istilah sidat marmorata dan juga sidat bicolor, tentu bagi yang sudah berpengalaman sudah pasti tahu perbedaan antara kedua jenis sidat ini yang sedang populer di indonesia untuk saat ini, bagi yang sudah berpengalaman silakan skip aja ke artikel yang lain dari pada mati kebosanan membaca tulisan ini, hehehe...
Sidat/Anguilla Marmorata

Tidak semua yang membaca tulisan ini tahu akan perbedaan jenis sidat marmorata dan bicolor, iya kan? mari sama-sama kita bahas satu persatu agar lebih jelas dan mudah dimengerti, jenis sidat marmorata atau bisa disebut dengan sidat kembang adalah jenis sidat yang mempunyai ciri warna tubuh seperti kulit kena penyakit panu, berbintik-bintik agak besar, dan mempunyai struktur tulang dan duri lebih rumit dibanding dengan sidat bicolor. Panjang sidat marmorata jika sudah memiliki berat 1kg bisa mencapai satu meter.

Ukuran fisik yang masuk konsumsi untuk jenis sidat marmorata adalah 500gram keatas per ekor tetapi yang paling banyak dicari pembeli adalah ukuran diatas 1kg per ekor, dengan harga lumayan mahal sekitar 150rb/kg untuk ukuran diatas 1kg/ekor. Sidat jenis marmorata ini banyak sekali ditemui di daerah timur indonesia seperti di Sulawesi, Ambon dan irian jaya. Menyebarjuga di kalimantan dan sumatera bagian utara katulistiwa.
Sidat/Anguilla Bicolor di bak Penampungan

Sedangkan ikan sidat jenis bicolor mempunyai ciri fisik berkulit halus dan mulus tanpa ada bintik, warna tubuh bagian atas lebih gelap daripada warna tubuh bagian bawah atau bagian perut sidat bicolor. Ukuran konsumsi untuk jenis sidat bicolor adalah 250gram ketas per ekor, sidat jenis ini memiliki strukur tulang dan duri hampir mirip 90% dengan jenis sidat anguilla japonica atau sidat khas jepang sehingga sidat jenis bicolor banyak diburu konsumen untuk dibuat unagi kabayaki.

Penyebaran sidat jenis bicolor banyak ditemui dipantai selatan pulau jawa membentang dari ujung kulon sampai dengan banyuwangi, sumatera bagian selatan khatulistiwa dan juga ada sebagian di kalimantan dan sulawesi. Harga pasaran untuk sidat jenis bicolor ukuran konsumsi 250gram keatas per ekor sekitar 80-100ribu per kilogramnya. Untuk harga benih per kilonya bervariasi antara 500ribu (glass eel), 400 ribu (elver kecil), 120ribu (fingerling), dan kisaran 90ribu untuk ukuran dibawah 200gram/ekor.

Bagaimana, sudah cukup jelas kan..? jika belum jelas juga bisa hubungi admin blog di bagian contact.
Terima kasih.
By. Sidat Kita

{ 6 komentar... Views All / Send Comment! }

Anonim mengatakan...

Siang mohon maaf, dari hasil tangkapan GE dari alam katanya itu lumrah terjadi percampuran minimasl 10 atau 20% bicolor di dalam 1 kilo marmorata, yang jadi pertanyaan dari ukuran berapa gram bibit sidat itu bisa dibedakan terima kasih?
Salam Dedi komarudin

ahmad wahyudin mengatakan...

batik
rumah dijual

Gembong mengatakan...

kalau sidat marmorata perkilonya berapa?

Suryo mengatakan...

mau tanya nih antara sidat bicolor dan sidat marmora mana yange lebih cepat besar dan hemat pakannya? makasih.

syanto sarman mengatakan...

saya pembudidaya sidat , ukuran mulai 1 kg - 2 kg, dgn jumlah sekitar 1500 ekor, rencana akan menjual n sedang mencari pembeli, alamat, gebangrejo, poso, sulawesi tengah, hp.085343777055 (sms dulu baru call) email: syanto.sarman@gmail.com

nur khoiri mengatakan...

gimana caranya membedakan glass ell bicolor dengan glass ell marmorata?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...