Asal - Usul Ikan Sidat

Bookmark and Share
Sidat Kita

Asal - Usul Ikan Sidat
Sehubungan dengan adanya permintaan artikel tentang asal-usul ikan sidat maka dalam posting kali ini akan dibahas sedikit cerita tentang sidat yang ada di Indonesia, sebagai Negara kepulauan tentu Indonesia kaya akan potensi ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar atau dari campuran kedua-duanya yang biasa disebut dengan air payau.

Jangan kaget jika ikan sidat berasal dari Indonesia, terutama dari perairan Samudra Indonesia, berdasarkan penelitian, dari 18 spesies sidat yang ada di dunia ternyata 12 spesies ada di Indonesia dan ini dianggap sebagai daerah asal-usul (home land) ikan sidat dari jenis Anguilidae atau ikan sidat dunia.
Perlu diketahui, ikan Sidat masuk kedalam ordo Anguilliformes. Ordo Anguilliformes terdiri atas 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies.

Ikan sidat mempunyai siklus hidup reproduksi yang unik dan rumit, di mana ikan sidat dewasa yang telah matang gonad akan bermigrasi ke laut dan berpijah di kedalaman laut lebih dari 300 m. Setelah telur menetas, larva sidat (leptocephalus) yang berbentuk seperti pita transparan, akan terbawa oleh arus laut dan kembali ke perairan pantai. Sebelum memasuki perairan pantai, larva akan bermetamorfosa menjadi glass eel. 

Hingga berumur sekitar 5-7 bulan, glass eel akan terbawa oleh air pasang surut, memasuki perairan estuari, sungai dan berkembang menjadi elver. Sekitar 1-3 tahun, elver akan tumbuh dan berkembang menjadi sidat dewasa, di mana setelah matang gonad, akan kembali ke laut untuk berpijah. Semua sidat berpijah hanya sekali dan kemudian mati. Durasi hidup ikan sidat cukup panjang bisa mencapai 10-20 tahun, namun ini tergantung dari jenis dan lokasi.(dari berbagai sumber)

Mungkin hanya itu informasi mengenai asal-usul ikan sidat di dunia, semoga bermanfaat.
By. Sidat Kita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...