Musim Ikan Sidat Telah Tiba

Bookmark and Share
Sidat Kita

Musim Ikan Sidat
Tidak terasa bulan November sudah menyambut kita semua, hujan sudah mulai datang walau kelihatan masih malu-malu. Intensitas hujan yang tinggi sangat diperlukan dalam mencari sidatberbagai ukuran, biasanya malah di awal-awal hujan turunlah banyak sekali benih sidat bertebaran keluar dari persembunyiannya.

Di Tandai dengan air di muara yang berwarna kecoklatan dengan berbagai “sampah” seperti enceng gondok menjadikan pertanda bahwa air dimuara sudah benar-benar “dingin” begitu para nelayan menyebutnya, arti dingin disini adalah air dimuara sudah menjadi tawar sehingga benih sidat keluar, dimulai dari glass eel, elver, fingerling  bahkan sampai konsumsi banyak ditemukan dimuara dan sekitar muara.

Saya pun tidak mau ketinggalan akan moment ini dan sebentar lagi saya bersama nelayan akan terjun sendiri “praktek” menangkap sidat semua ukuran. Terutama adalah ukuran glass eel yang sedang saya incar untuk saya budidayakan.

Alat yang digunakan pun sangat sederhana untuk menangkap glass eel, saya nanti hanya akan menggunakan semacam “anco” mini yang sudah saya modifikasi agar memudahkan dalam penangkapan glass eel, dan untuk hasilnya saya akan postingkan di artikel selanjutnya, so jangan lupa kunjungi blog ini.
By. Sidat Kita


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...