Jepang Tanam Investasi Sidat Di Blitar

Bookmark and Share
Sidat Kita
Sosialisasi Sidat Di Blitar
Keberadaan ikan sidat yang berbentuk seperti belut namun berukuran lebih besar dan memiliki sirip juga telinga ini merupakan ikan berprotein tinggi yang selalu dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Bahkan saat ini pemenuhan ikan sidat bagi Negara Jepang masih sangat kurang. Untuk itulah salah satu investor dari Jepang berencana menggandeng para petani yang ada di Kota Blitar untuk budidaya ikan sidat yang nantinya akan diekspor ke Jepang.

Sebagai langkah awal pemerintah Kota Blitar dalam hal ini Dinas Pertanian telah menggelar sosialisasi budidaya ikan sidat, disalah satu hotel di Jl. Melati Kota Blitar. Selain diikuti oleh para petani, kegiatan itu juga melibatkan instansi terkait. Hal ini seperti diungkapkan Drs. Teteng Rukmo Condrono, Kepala Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi disela – sela pelaksanaan sosialisasi ikan sidat di salah satu hotel di Jl. Melati.

Sementara itu Anom Sigit Suryawan, Presiden Direktur Perusahaan Jepang di Indonesia saat dikonfirmasi terpisah menjelaskan, pihaknya akan menyuplai benih dan pakan ikan bagi para petani, sekaligus bertanggungjawab pada sistem sirkulasi air pada kolam dan pembelian ikan sidat besar. Sehingga tugas para petani hanya membesarkan ikan sidat sampai ukuran siap panen. 

Adapun rencana kerjasama perusahaan dari Jepang dengan para petani di Kota Blitar ini mendapatkan sambutan positif dari Moh.Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar. Menurut Walikota, kegiatan itu sesuai dengan satu diantara beberapa visinya, bahwa masyarakat tidak lapar. Apalagi petani tidak usah repot untuk mencari modal, karena hanya menyiapkan lahan untuk kolamnya saja. 
Bahkan jika hasilnya bagus, ikan sidat bisa menjadi maskot Kota Blitar selain ikan koi. Mengingat dari penelitian investor bersangkutan, jenis air di Indonesia yang cocok untuk budidaya ikan sidat hanya di perairan Blitar. Sedangkan untuk mengawali kerjasama ini, sejak dua bulan yang lalu, Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar mulai membudidayakan ikan sidat, yakni untuk proses pembibitan.
(sumber:blitarkota.go.id)
By. Sidat Kita

{ 8 komentar... Views All / Send Comment! }

Penyuluh Perikanan mengatakan...

ilmunya sangat bermanfaat buat informasi kepada masyarakat, selamat dan sukses pak, maju terus
dari penyuluh perikanan

su jianto mengatakan...

beberapa hari yang lalu saya dipantai serang Panggungrejo Blitarkedatangan serombongan teman yang kelihatannya sedang melakukan observasi mengenai larva sidat (glass eel).
Kami nelayan pantai serang mendapat informasi yang kedengerannya menggiurkan.
Kami sudah terbiasa dengan mencari larva bandeng jadi ketika melihat cara mencari larva sidat, rasanya nggak aneh aneh amat.
Kami siap mensuplai benih atau larva sidat dimaksud, tetapi kami prihatin dengan harga per larva yang ditawarkan.
Jika memang bukan jargon menyejahterakan rakyat, ada baiknya perbaiki harga larva sidat ini ke titik yang acceptable dan realizable boss.
So we will get an action.
pantaiserangblitar[dot]wordpress[dot]com
pokmaswasbinasamudra[dot]wordpress[dot]com

Anonim mengatakan...

Saya DIMYATI WIDODO Sebagai Direktur CV SEMBILAN SAMA Di Jember Jawa timur Mendukung Budidaya ikan sidat di Blitar , dan kebetulan Kami Sudah ada Ikan Sidat yang Size Nya 4 Kg /per Ekor untuk itu Mohn di bantu pemasarannya,Trims

Anonim mengatakan...

Pak dimyati bisa hub.081324698294 - 087729186768 tukar info thanks

Anonim mengatakan...

di mana bisa mendapatkan benih sidat d blitar,,???

ady nursoefyanfadila mengatakan...

saya juga adalah pembudidaya sidat di situbondo dan sudah membentuk assosiasi sidat jatim ( AS Jatim ). yang di ketuai oleh Gus Kodir di desa mangngaran kab. situbondo. mohon kita saling imfo baik tentang bibit pemasaran dll, yangh berkenaan dengan perkembangan sidat di indonesia.. oke call me 085204019992

zenz mengatakan...

Mohon info budidaya ikan sidat di blitar.
Matur suwun...

vio vio mengatakan...

klo punya benih boleh donk beli

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...