Cara Mudah Membuat Unagi Kabayaki

Bookmark and Share
Sidat Kita

Cara Membuat Unagi Kabayaki
Cara membuat unagi kabayaki, kabayaki dalam istilah jepang artinya dipanggang atau diasap dengan bara api, seperti orang membuat sate seperti itu yang dimaksud dengan memanggang dan harus menggunakan bara api tanpa api. Dibantu dengan kipas manual atau kipas angin elektrik.

Sebelum dipanggang, ikan sidat dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan pisau tajam ikan sidat dibelah menjadi dua bagian, diangkat isi perut dan juga tulang/duri ikan sidat jadi yang tersisa adalah bener-bener dangingnya saja tapi duri sedikitpun. Untuk bagian kepala biasanya juga dibuang.

Prose Selajutnya dalam mebuat unagi kabayaki adalah Setelah ikan sidat dibelah dan dibersihkan, ikan sidat siap dipanggang dengan ditambah kecap special khas jepang atau juga bisa diberi saus yang terutama dibuat dari campuran kecap asin, mirin, gula pasir, dan sake. Selesai dipanggang pertama kemudian di steam agar daging ikan sidat ini menjadi empuk dan bumbu bias meresap sampai kedalam daging.

Selesai disteam ikan sidat dipanggang lagi untuk kedua kalinya, tujuannya adalah untuk menguatkan rasa panggangnya, sewaktu pemanggangan kedua kalinya ikan sidat terus menerus dilumasi dengan kecap khas jepang agar rasa tidak berubah.

Di jepang sendiri, cara membuat unagi kabayaki berbeda proses dalam  membelah ikan sidat ini berbeda cara, antara orang Kanto dan orang Kansai. Penduduk Kanto yang dipengaruhi budaya samurai membelah ikan dari bagian punggung dan menghindari cara membelah ikan dari bagian perut karena mirip dengan perbuatan harakiri. Sebaliknya, penduduk Kansai yang secara tradisional terdiri dari pedagang dan pengusaha, membelah ikan dari bagian perut bukan merupakan hal yang tabu.

Unagai kabayaki dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi disamping rasanya yang luar biasa nikmat. Pada hari Doyō no Ushi musim panas (sekitar minggu ke-3 atau minggu ke-4 bulan Juli) terdapat tradisi makan unagi kabayaki di seluruh Jepang.

Demikian proses pembuatan atau cara membuat unagi kabayaki dalam posting kali ini, semoga bermanfaat.
By. Sidat Kita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...