Cara Membuat Alat Perangkap Ikan Sidat

Bookmark and Share
Sidat Kita

Cara Membuat Perangkap Sidat
Hal yang paling awal dalam berburu sidat tangkapan alam adalah alat tangkap itu sendiri, nah kita akan membahas bagaimana Cara membuat perangkap sidat yang digunakan oleh para nelayan/petani sidat, mungkin ditiap daerah berbeda konsep dan alatnya. Kali ini kita akan membuat alat perangkap ikan sidat yang ada didaerah cilacap.

Alat perangkap sidat ini bisa dibilang sederhana, menggunakan system perangkap seperti perangkap ikan biasa dalam arti ketika ikan sidat sudah masuk perangkap maka ikan sidat tersebut tidak bisa keluar dan  alatperangkap sidat ini tidak akan melukai ikan sidat yang ada didalamnya.

Menggunakan bahan dari kelambu atau jaring/waring yang halus untuk menutup seluruh alat perangkap ikan sidat ini, di ke-enam sisinya menggunakn bambu dengan diameter 3 - 5cm dengan panjang sekitar 75 - 80cm. Enam bambu tersebut digunakan sebagai rangka yang disatukan menjadi bundaran/lingkaran dengan diameter sekitar 20 - 25cm kemudian di ikat dibagian kedua ujungnya serta ditengahnya menggunakan bambu yang sudah dibentuk lingkaran dengan diameter yang sama.
Perangkap Ikan Sidat


Terakhir adalah membungkus dengan jaring atau kelambu yang halus agar tidak merusak ikan sidat, nah ada dua rungan di dalam perangkap ikan sidat, ruang yang pertama dan ruang kedua. Didalam ruang kedua ini kita bisa menaruh umpan agar sidat masuk. Didalam ruangan dua pula dimodifikasi sedemikian rupa agar sidat yang sudah masuk tidak bisa keluar lagi.

Agar lebih jelasnya silahkan lihat gambar penampakan alat perangkap ikan sidat, semoga bermanfaat.
By. Sidat Kita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...