Ciri Khas Dan Keunikan Pada Ikan Sidat

Bookmark and Share
Sidat Kita
Keunikan ikan Sidat
Ternyata diketahui bahwa keunikan bayi Sidat Semua Berjenis Laki-laki, Sidat atau Moa (ordo Anguilliformes) kelompok ikan berbentuk tubuh mirip ular. Ikan jenis belut atau ular ini memang besar potensinya dan diminati di manca negara. Sidat mempunyai sifat katadromus yaitu masa menjelang dewasa ikan sidat hidup di air tawar kemudian bermigrasi untuk bertelur atau berkembang biak di air laut.     

Ikan ini toleran terhadap salinitas, temperatur dan tekanan yang berbeda-beda.”Jenis kelamin bayinya atau dinamakan impun semua berjenis laki-laki. Ini unik. Jadi kita tidak bisa mengetahui kapan ikan sidat berubah berjenis betina,” terang Manajer Lapangan SLK-IPB Cipatuguran, Palabuhanratu Syarif Budiman.

Ikan sidat bertelur di dasar laut dan jika sudah membesar mereka (Sidat) bernjak ke air payau dan muara. Hingga meeka menetap di sungai. Dan begitu seterusnya. Massa Allah. Mungkin ini sebuah kekuasaan Allah SWT yang diperlihatkan kepada umatnya. keunikanan ikan sidat ini selain memang banyak protein dan memiliki harga yang sangat mahal di manca negara. Juga kehidupannya pun sangat berbeda dengan ikan lainnya. 

“Kita (IPB dan Pengusaha) masih melakukan penelitian, kapan atau diusia berapa, dan beratbearapa sidat berubah menjadi wanita. Dan kita juga tengah mengembangkan apakah bisnis sidat itu akan menguntungkan,” katanya. Dengan perbedaan tempat tinggal ini lah, sidat masih dianggap sulit untuk dibudidayakan. “Hidup sidat itu di dua rasa air tawar. Sehingga dengan kebiasaan itu kita masih mengalami kewalahan dengan banyaknya kemtian hingga mencapai 50 prersen bahkan 60 persen,” katanya.

Kematian itu, selain kebiasaan hidup ikan sidat, juga kebiasaan makan ikan sidat. Karena ikan sidat adalah jenis ikan kanibal yang biasa memangsa sejenisnya dalam ukuran lebih kecil. “Untuk mengantisipasi itu kita memindahkan sidat yang sudah membesar tidak disatukan. Memang mengurus sidat lumayan gampang-gampang susah,” tambahnya. Selain itu budidaya sidat dan penelitian sidat ini juga didukung dengan pengaturan suhu. Bahkan kolamnya pun ditutup degan kulambu agar tidak terlalu panas dn tidak terlalu dingin
By. Sidat kita 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...