Cara penangkaran/Perlindungan Sidat Laut

Bookmark and Share
Sidat Kita

Penangkaran Sidat Laut
Didalam posting kali ini kita akan membahas sedikit ulasan tentang cara penangkaran sidat laut, Ikan sidat (Anguilla sp) membutuhkan lokasi laut dalam untuk berpijah, setelah dari telur menjadi berbentuk larva, ia kemudian terbawa ke pantai menjadi glass eel (anakansidat) dan menjadi elver yang mulai hidup di air payau, ia mulai tumbuh dewasa dan mencari air tawar sungai dan kembali lagi ke laut dalam untuk berpijah sekali sebelum mati. Ikan sidat yang bermukim di laut mengalami ancaman kepunahan. Ikanyang biasanya bermigrasi ke muara sungai dan danau pada musim bertelur ini menjadi  incaran para nelayan.

Saat ini juga banyak muara sungai yang terputus dengan laut sehingga migrasinya terhambat. Pembangunan cekdam yang tinggi menjadi ancaman bagi migrasi ikan tersebut. Misalnya ikan dari Pantai Muara yang akan bermigrasi keLubuk Minturun. Ikan sidat itu akan kesulitan karena banyak cekdam yang harus di lewati. Beda dengan di Jepang yang membangun fish way sehingga pembangunan apapun tidak mengganggu habitat ikan tersebut. Sejumlah kegiatan konservasi saat ini mulai dilakukan untuk mencegah kepunahan berbagai jenis ikan tersebut.

Sungai-sungaiyang menjadi habitat ikan dizonasi menjadi zona inti, zona penyangga dan zona eksploitasi. Di Indonesia Kawasan Segara Anakan merupakan ekosistem unik bagi siklus hidup ikansidat untuk tumbuh dan berkembang. Namun terjadinya sedimentasi dilaguna Segara Anakan menyebabkan terganggunya populasi biota perairan termasukikan sidat, sehingga perlu dilakukan konservasi agar tidak terjadi kelangkaan. 

Melihatkondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan Badan Pengkajiandan Penerapan Teknologi (BPPT), mengadakan Sosialisasi Program Difusi TeknologiPembesaran Benih Ikan Sidat Kawasan Segara Anakan, Selasa (11/5) di Kantor PengelolaSumberdaya Kawasan Segara Anakan. BPPT digandeng Pemkab Cilacap, karena telahberhasil membuat paket teknologi pembenihan dan pemeliharaan ikan sidat ukuran 50gram dengan bahan baku pakan dari material lokal yang mudah didapat dan murah.

Ikan SidatTeknologi inilah yang akan diterapkan di Kawasan Segara Anakan tepatnya di DesaPanikel Kecamatan Kampung Laut.Selain mengadaan Sosialisasi, Program Difusi Teknologi Pembesaran Benih IkanSidat juga akan melatih pegawai atau tenaga lapangan yang nantinya akan memantauatau mengawasi kegiatan lapangan secara berkelanjutan; serta Penyiapan BangunanPusat benih Ikan Sidat di Desa Panikel Kecamatan Kampung Laut.

Kegiatan sosialisasi rencananya akan menghadirkan pembicara dari BPPT, antara lain Dr. Odilia Rovara, M.Siyang akan menyampaikan materi Mengenal Sumberdaya Ikan Sidat; Ir. Iwan EkaSetiawan, M.Si dengan materi Peluang Usaha Sumberdaya Ikan Sidat di Kawasan SegaraAnakan; dan Ir. Dedy Yaniharto, M.Sc yang akan menyampaikan materi TahapanProgram Difusi Alih Teknologi Pemeliharaan Benih Ikan Sidat Teradaptasi di Segara anakan cilacap.(sumber: Paper ikan sidat)
By. Sidat Kita

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Unknown mengatakan...



efek samping cream hn
manfaat cream hn
cream hn asli
cream hn original
cream hn
cream hn crystal
krim hn
krim hn asli

Anonim mengatakan...

I encourage my animation students to plan and design their 'reel' as thoughtfully as designing a short narrative film; with thumbnail planning, storyboarding and attention to detail, such as design for a specific audience (client), and how each animation sequence will transition into the next.
minyak bulus yang asli
efek samping minyak bulus

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...