Mengapa Harus Budidaya Sidat ?

Bookmark and Share
Sidat Kita

Budidaya Ikan Sidat
Ikan sidat Memiliki prospek yang sangat bagus untuk dibudidayakan, walau di Indonesia budidaya sidat belum begitu populer tetapi mengingat ikan sidat ini memiliki nilai gizi dan manfaat yang luar biasa maka mengapa kita tidak membudidayakan ikan sidat ini. Selain itu ikan sidat memiliki manfaat sebagai pemacu pertumbuhan manusia, mencegah kolestrol jahat, mencegah penyakit jantung, dan manfaat lain untuk kesehatan manusia.

Nah alasan lain mengapa kita harus budidaya sidat antara lain :

1.      1.Harga
Anda jangan kaget melihat ikan sidat ini dijepang karena harganya bias mencapai Rp.450.000/porsi untuk sekali makan, semnetara untuk sidat mentahnya untuk ukuran 250gram up bias diatas Rp.150.000/ekor. Sementara untuk pasar local Indonesia harga ikan sidat ukuran konsumsi ukuran 250 gram up bisa mencapai Rp.100.000/kg bahkan lebih.

2.      2.Permintan Pasar
Saat ini jepang membutuhkan ikan sidat konsumsi labih dari 200.000ton/tahun dan kuota ini belum semuanya terpenuhi, Negara pengekspor sidat ke jepang terbesar adalah china, Taiwan, dan Vietnam. sementara untuk pasar lokal pun tak kalah popular kebutuhannya. Jadi ini peluang besar bagi kita untuk budidaya sidat.

3.     3. Pemeliharaan
Sebenarnya pemeliharaan ikan sidat bias dibilang mudah, di Taiwan sendiri budidaya ikan sidat sudah berjalan lebih dari 10 tahun, disana budidaya sidat dari ukuran glass eel sampai dengan ukuran konsumsi 200gram up bisa ditempuh dalam waktu 6bulan. Kenapa di Indonesia belum bisa? Mari cari solusinya bersama.

4    4.Benih Melimpah
Seperti diketahui, Indonesia sangat kaya akan ikan sidat ini terutama dari tangkapan alam, dan benih ikan sidat atau glass eel mudah ditemuai di muara sungai yang menuju samudra, disepanjang pantai selatan jawa banyak glass eel jenis Anguilla bicolour, semetara di Sulawesi dan Kalimantan banyak dijumpai glass eel marmorata. Jadi kenapa tidak kita budidayakan glass eel ini menjadi sidat konsumsi?

5.      5. Dukungan pemerintah
Selama ini banyak sekali perusahaan BUMN yang bisa diajak kerjasama dalam hal permodalan untuk budidaya ikan sidat, salah satunya adalah PERTAMINA yang telah menggelontorkan dana satu milyard untuk membantu permodalan Budidaya sidat di karawang bersama Syaiful Hanif.

Mungkin itu sudah menjadi alasan yang kuat untuk kita bisa berbudidaya sidat, ayo bersama kita lestarikan produk asli Indonesia. Selamat ber- "budidaya ikan sidat"
By. Sidat kita

{ 7 komentar... Views All / Send Comment! }

Anonim mengatakan...

mantaap kang...alhamdulillah pelaksananaan sudah dekat info satu demi satu,,,tahap demi tahap...semua yg akan kita butuhkan... telah ada dan bisa kita dapatkan di indo...kita harus punya keyakinan apa yg akan kita lakukan...dengan keyakinan itu insya allah akan di permudahkan ...apa lagi ini tujuan pelaksanaan hal yg baik..semoga semua lancar dan sukses sesuai harapan kita bersama...amin...good luck all.

Anonim mengatakan...

dari Aphin prayitno kang...pesan saya itu..

Admin mengatakan...

@Aphin Prayitno : Amien, semoga saja bisa berjalan sesuai dengan yang telah kita rencanakan bersama.
thanks boz.

willyanto mengatakan...

sedia sidat berbagai ukuran HARGA MURAH.
Hub : 088806603408 / 085729906818

arman mengatakan...

kami mempunyai 4 bh tambak, dengan ukuran 18m x 25m.
Saat ini kolam tambak tersebut masih belum kami produktifkan untuk katagori jenis ikan apa yang akan kami budidayakan.

dari berbagai input yang kami peroleh, mungkin katagori jenis ikan sidat yang mau akan kami mencoba-nya.

Jika memang ada sebuah wadah yang menjual bibit ikan sidat, mengajarkan pada kami tehnik budidayanya, kemudian menampung hasil panen kami, kami ingin menjalin suatu kemitraan atau kerja sama. arman (onamaiwa@yahoo.co.id)

GIRI MUKTI mengatakan...

Kami mempunyai 10 tambak berbagai ukuran didaerah cipatujah Tasikmalaya Jawa Barat, saat ini hanya dipakai untuk ikan nila, sebelumnya kami bergerak dalam budidaya udang vannamei dengan cara tradisional dan hasilnya kurang ekonomis karena terkendala modal usaha, saat ini kami mencoba budidaya ikan sidat dengan mengambil bibit dari alam sekitar tambak kami dimana hasil tangkapan yang layak konsumsi, kami jual kepada bandar dan yang kecil kai coba besarkan sekalian belajar budidaya, apabila ada pihak investor yang bersedia bekarjasama dalam budidaya kami, baik udang vannamei maupun ikan sidat secara intensif, maka kami siap untuk dalam bentuk kerjasama kemitraan
yusepsp@ymail.com atau GIRIMUKTI2012@gmail.com

ahmad wahyudin mengatakan...

batik
rumah dijual

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...